Ahad, 3 Julai 2011

Pengenalan Logam Perak


 

Cerita rakyat Eropa mengasosiasikan perak sebagai penangkal berbagai penyakit dan mitos monster. Perak juga diyakini sebagai penolak vampir. Manusia serigala hanya boleh dibunuh dengan senjata atau peluru yang dibuat dari perak.

Penggunaan perak untuk mencegah infeksi tercatat pada saat zaman Yunani dan Roma kuno. Saat itu, pada Abad Pertengahan, perak digunakan untuk membasmi kuman dalam air dan makanan selama masa penyimpanan, dan juga untuk perawatan luka bakar dan luka-luka. Pada abad ke-19, para pelaut di perjalanan laut yang panjang akan menempatkan wang perak dalam tong air dan anggur mereka untuk menjaga cairan tetap murni. Para perintis Amerika menggunakan idea yang sama saat mereka perjalanan dari pantai ke pantai.

Tradisi memberikan hadiah untuk menandai ulang tahun pernikahan dimulai beberapa ratus tahun yang lalu di wilayah Jermanik pada abad pertengahan Eropa. Ulang Tahun Perak adalah salah satu perayaan penting tonggak perkawinan, menandai dua puluh lima tahun perkawinan, dengan pemberian yang diberikan biasanya adalah karangan bunga dari perak. Tradisi ini masih dijalankan secara luas sampai sekarang.

Penggunakan  sepanjang sejarah logam mulia ini adalah menjadikannya perhiasan. Perak merupakan salah satu logam yang paling reflektif (memantulkan cahaya), memberikan kecemerlangan tak tertandingi yang menjadikannya material yang tepat untuk  perhiasan.

Perhiasan perak tak terhitung jumlahnya, muncul dalam berbagai gaya mulai yang paling rumit hingga yang sederhana. Perak juga dapat dipasangkan dengan berlian dan batu untuk membuatnya lebih mempesona.

Dan walaupun memiliki sifat yang tak ternilai, perak relatif berlimpah dan mudah untuk mengekstrak dari bijih, sehingga harganya lebih terjangkau daripada logam berharga lainnya, seperti emas dan platina.

Saat ini kita mungkin tidak perlu khuatir lagi dengan manusia serigala, sangat jelas perak telah memiliki kesan sebagai komponen penting perhiasan. Dan jika itu juga dapat membuat para vampir dan setan pergi, alangkah baiknya!


0 Ulasan:

Catat Ulasan

Langgan Catat Ulasan [Atom]

<< Laman utama